Don't Show Again Cool!

23 Cara Kecil Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Anda Di Tahun 2023 

Image by benzoix on Freepik

Manfaatkan sisi kreatif Anda.

Apabila Anda tertarik untuk berkebun, membuat kue, melukis, membuat furnitur, membuat video, atau proyek kerajinan, proses membuat sesuatu, dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

“Selain membantu memusatkan perhatian dan mengatur emosi kita, terlibat dalam tugas kreatif dapat menawarkan manfaat kesehatan mental yang serupa dengan meditasi,” kata Michelle Felder, pekerja sosial klinis berlisensi dan CEO Parenting Pathfinders. “Menciptakan hal-hal baru memberi kita kesempatan untuk memusatkan perhatian kita pada saat ini, menenangkan kebisingan di pikiran kita, dan dapat membantu kita memasuki arus, yang merupakan keadaan menyenangkan di mana kita begitu tenggelam dalam tugas yang kita lakukan, kehilangan kesadaran akan waktu.”

Pelayanan.

Hanya karena liburan sudah berakhir, bukan berarti sudah waktunya untuk berhenti memberi kepada orang lain. Melayani orang lain tidak membutuhkan gerakan besar atau komitmen waktu yang besar agar bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.

“Membantu orang lain tidak hanya terasa menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi pikiran dan jiwa kita; selain mengurangi isolasi dan membina hubungan sosial, tindakan sukarela telah terbukti menurunkan depresi, meningkatkan rasa kepuasan seseorang terhadap kehidupan, dan meningkatkan kesejahteraan kita secara keseluruhan,” kata Felder. Melayani orang lain dapat memberikan kelonggaran yang sehat dari penyebab stres yang kita alami, dan dapat membantu mengungkap makna dan tujuan hidup yang lebih besar.

Pergi bermain.

Manfaatkan inner child Anda dan luangkan waktu untuk bersenang-senang. Membangun Lego, mainkan game lama di komputer, mulai mengumpulkan perangko, atau dapatkan Tamagotchi lagi.

“Bermain tidak hanya penting untuk anak-anak – tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan mental bagi orang dewasa,” kata Felder. “Penelitian telah memberikan bukti yang menunjukkan bahwa bermain-main dapat membantu meningkatkan pemikiran yang lebih positif, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kemampuan kita untuk memanfaatkan strategi koping yang sehat saat menghadapi situasi sulit. Menjadi lebih menyenangkan tidak akan mengurangi jumlah stresor yang kita miliki dalam hidup kita, tetapi dapat secara signifikan meningkatkan cara kita memandang dan mengatasi stresor ini.”

Source: huffpost.com

Penulis: Pitta Sekar Wangi | Editor: Tim Redaksi

Page: 1 2 3 4 5 6
Previously
Share: