Don't Show Again Cool!

Mengoptimalkan LinkedIn untuk Mencari dan Mendapat Pekerjaan

LinkedIn adalah salah satu platform media sosial profesional yang sangat populer dan bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan. Dengan lebih dari 700 juta pengguna di seluruh dunia, LinkedIn menawarkan berbagai kesempatan bagi para profesional untuk meningkatkan visibilitas mereka dan terhubung dengan rekan, rekruter, dan peluang kerja. Dalam artikel ini dijelaskan Tip dan cara memaksimalkan LinkedIn untuk membantu kamu mencapai tujuan karier dan menemukan pekerjaan impian.

Ada banyak jalan menuju Roma. Begitu pula ada banyak cara mencari kerja.

Sebelum era digital, melamar pekerjaan mungkin harus datang secara langsung ke kantor yang bersangkutan. Saat itu map berwarna coklat sangat identik dibawa oleh para pelamar kerja.

Selain dengan cara tersebut, tak jarang juga pelamar mengirimkan surat lamaran ke alamat kantor melalui jasa pos atau jaksa ekspedisi.

Meski tidak menutup kemungkinan cara-cara di atas masih dilakukan, melamar kerja di zaman 4.0 sudah begitu bervariasi dengan kehadiran platform-platform online yang menawarkan kemudahan. Salah satunya LinkedIn.

Sekilas LinkedIn seperti media sosial pada umumnya. Anggapan ini tak salah, karena memang LinkedIn termasuk media sosial. Bedanya, LinkedIn adalah medsos profesional yang dapat dimanfaatkan untuk mencari sekaligus melamar pekerjaan.

Isi konten LinkedIn juga cukup spesial. Di mana kamu bisa menemukan berbagai tips karir, informasi lowongan pekerjaan, konten-konten motivasi, sampai slide share. Hal yang paling oke, LinkedIn memungkinkan setiap pengguna melamar pekerjaan pada banyak perusahaan.

Membuat Akun dan Melamar Pekerjaan di LinkedIn

Seperti situs atau platform lain, sebelum bisa menggunakan layanan LinkedIn, kamu harus membuat akun terlebih dulu. Langkah-langkah akunnya, yaitu:

  • Kunjungi laman LinkedIn.com
  • Pilih “Daftar”
  • Isi nama depan, belakang, e-mail, dan buat kata sandi
  • Klik “Bergabung sekarang”
  • Ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk

Catatan penting, usahakan menggunakan nama asli dan lengkap saat membuat profil di LinkedIn. Hal ini penting mengingat profil kamu akan dipantau oleh para pencari talenta atau bagian HR dari berbagai perusahaan.

Setelah punya akun LinkedIn, berukut langkah-langkah melamar pekerjaan di LinkedIn:

  • Login akun LinkedIn menggunakan e-mail atau password
  • Masuk ke halaman beranda LinkedIn kemudian klik menu “Pekerjaan”, misal menggunakan filter dengan Job Posisi Account Executive.
  • Lalu akan muncul beberapa daftar lowongan serta deskripsi dan syarat untuk melamar
  • Baca secara detail deskripsi lowongan pekerjaan tersebut. Kalau sudah sesuai silakan klik “Lamar”
  • Selanjutnya, kita akan diarahkan pada halaman portal pekerjaan untuk mengisi data-data dan mengunggah sejumlah dokumen lamaran pekerjaan
  • Selain dengan cara ini, kamu pun dapat memilih “Melamar Mudah” di LinkedIn. Pada fitur ini, kamu bisa melamar langsung menggunakan data-data LinkedIn-nya
  • Setelah melamar, akan muncul pop up yang menanyakan beberapa data pengalaman kamu. Jawab pertanyaan tersebut sampai tuntas.
  • Saat semua data telah dilengkapi, klik “Kirim lamaran”

Mudah bukan? Setelah lamaran terkirim, dalam jangka waktu tertentu kamu akan mendapat notifikasi apakah lamaranmu diterima atau ditolak. Pemberitahuan ini biasanya akan diinformasikan langsung oleh LinkedIn, meski tak jarang pihak perusahaan yang melakukannya.

Tips Dapat Pekerjaan di LinkedIn

Kamu ingin mengoptimalkan LinkedIn menjadi platform andalan mencari kerja? Bisa! Ikuti tips-tips berikut ini.

  • Upload foto profesional. Hindari foto nyeleneh, namun usahakan yang cukup formal dan menarik.
  • Lengkapi profil. Tulis nama lengkap, latar belakang pendidikan, pengalaman, sampai ketertarikan pada suatu hal. Jika kamu punya karya dan pernah meraih penghargaan, hal itu bisa menjadi nilai plus.
  • Stay Update. Usahakan selalu memantau perkembangan “dunia” LinkedIn. Baiknya, kamu juga rajin upload konten sesuai dengan keahlianmu yang bisa bermanfaat buat user lain dan membuat pencari talenta melirik.
  • Ikuti Fitur Skill. Fitur penting untuk meningkatkan kredibilitasmu di suatu bidang keahlian sehingga recruiter mampu menilai bahwa kamu menguasai atau memiliki skill tersebut.

Tidak rumit kan mencari kerja di LinkedIn? Dibandingkan yang lain cara ini justru lebih mudah, paperless, dan hemat biaya. Jadi, sudah mau melamar kerja ke mana nih via LinkedIn? Semoga keterima ya.

Oiya, sambil nunggu jadwal interview kerja, kamu juga mungkin akan tertarik dengan mempelajari tentang Tiktok Affiliate yang juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho!

Penulis: Iqbal | Editor: Tim Redaksi

***

SAC Indonesia merupakan salah satu digital marketing agency terbaik di Indonesia yang berlokasi di Jakarta, menawarkan beragam layanan digital marketing yang lengkap dan berkualitas. Dengan tim ahli yang berpengalaman, SAC Indonesia mampu memberikan solusi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan online presence bisnis Anda.

Share: