Digital marketing merupakan industri yang terus berkembang dan menawarkan banyak kesempatan karier bagi mereka yang memiliki minat dan bakat di industri pemasaran. Dalam artikel ini dijelaskan fungsi dan job desk Account Executive di Digital Marketing Agency.
Salah satu posisi yang menjadi pilihan di industri digital adalah Account Executive. Beberapa organisasi memiliki istilah yang lain untuk posisi Account Executive atau disingkat AE, antara lain: Client Success Specialist, Client Solution, dan Account Representative. Lalu, apa sebenarnya tugas seorang Account Executive di Digital Agency? Berikut beberapa tugas dan fungsi Account Executive:
Mengelola Hubungan Pelanggan
Mereka bertanggung jawab untuk memastikan kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diterima dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Account Executive harus mampu berkomunikasi dengan baik dan memahami kebutuhan pelanggan untuk memastikan layanan yang diterima sesuai dengan harapan.
Menjual Layanan Agensi
Selain menjaga hubungan pelanggan, beberapa perusahaan digital marketing agency juga membedakan fungsi pada posisi Account Executive, yaitu mencari lead baru, new opportunity, dan mempromosikan service perusahaan untuk mencari mendapatkan klien atau partner baru.
Mereka harus memiliki kemampuan menyusun proposal yang menarik dan mempengaruhi bagi pelanggan potensial. Kemampuan menjual, negosiasi, networking dan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk posisi ini.
Account Executive harus bisa Berkolaborasi dengan Tim
Pekerjaan sebagai Account Executive tidak dapat dilakukan sendiri. Mereka harus bekerja sama dengan tim agensi, terutama dengan tim kreatif dan teknis, untuk memastikan bahwa proyek berjalan dengan lancar. Berkolaborasi dengan tim memastikan agensi dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
Kampanye digital yang dijalankan untuk klien harus selalu di-monitoring dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tentunya digital marketing sendiri memiliki banyak tantangan, namun juga banyak terdapat peluang, seorang Account Executive akan berusaha semaksimal mungkin, agar hasil kinerja pemasaran digital ini tetap berjalan sesuai proposal atau roadmap yang telah disepakati bersama klien.
Memastikan Target Tercapai
Salah satu tugas utama seorang Account Executive adalah memastikan bahwa target agensi tercapai. Mereka harus memonitor dan mengevaluasi kinerja agensi secara berkala untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana dan memenuhi target yang ditetapkan. Mereka juga harus memantau kinerja tim dan memastikan bahwa setiap anggota tim memahami tugas dan tanggung jawab mereka.
Menyediakan Laporan dan Analisis
Account Executive juga bertanggung jawab untuk menyediakan laporan dan analisis bagi pelanggan dan manajemen agensi.
Mereka harus memahami industri dan pasar untuk menyediakan informasi yang akurat dan up-to-date bagi klien. Mereka juga harus memiliki kemampuan analitis untuk mengevaluasi kinerja agensi dan mencari cara untuk meningkatkan layanan yang diterima pelanggan. Tentunya laporan dan analisisnya di diperoleh berkolaborasi dengan tim internal. Account Executive menjadi jembatan penting antara agensi dan klien.
Kesimpulan, pekerjaan sebagai Account Executive di Digital Agency adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak tanggung jawab dan kemampuan.
Seorang Account Executive harus memastikan bahwa target agensi tercapai, berkolaborasi dengan tim, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan menyediakan laporan dan analisis yang akurat.
Kemampuan berkomunikasi, analitis, dan memimpin tim sangat dibutuhkan untuk posisi ini.
Bagi mereka yang memiliki minat dan bakat dalam dunia digital, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan karier yang menyenangkan dan menantang.
Editor: TIm Redaksi